Berita

    Begini Ciri dari Rusaknya Dinamo Starter Mobil & Cara Mengatasinya

    Dinamo starter adalah salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk memutar mesin pertama kali. Dinamo ini mengubah energi listrik menjadi energi gerak untuk kemudian memutar crankshaft mesin atau poros mesin melalui flywheel.

    Jika dinamo starter rusak, dampaknya bisa menghambat mobilitas Sahabat. Sebab, mobil jadi tak bisa nyala, memicu kerusakan komponen lain, sampai mati mendadak di tengah jalan. Guna menghindari hal tersebut maka pastikan untuk mengenali ciri-ciri kerusakan pada dinamo starter.

    Berikut ini ciri - ciri dari kerusakan dinamo starter yang sering terjadi :

    1. Muncul bunyi gemeretak dan mendesing 

    Bunyi gemeretak tersebut muncul karena tidak terkaitnya gigi pada pada gear pinion dengan gigi pada ring gear mesin. Ketika dua gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, maka akan menimbulkan suara gemeretak. Kalau suaranya makin keras, berarti kerusakan sudah dalam tahap yang cukup parah.

    Ciri lain adalah adanya suara mendesing saat mobil distarter. Bunyi mendesing terjadi apabila bearing one way yang ada pada pinion gear rusak. Kondisi tersebut berdampak pada poros armature yang seharusnya memberi putaran untuk pinion gear tapi malah berputar sendiri atau istilahnya starter loss. Kondisi ini yang membuat terdengar bunyi mendesing namun tidak ada tanda-tanda mesin ikut berputar.

            2. Mesin susah distarter pada kondisi panas

    Ciri-ciri lain dinamo starter mobil rusak adalah mesin jadi sulit distarter dalam keadaan mobil habis dipakai sebentar atau masih panas. Kondisi seperti ini cukup sulit dikenali oleh pemilik kendaraan. Pasalnya, bila mobil dinyalakan dalam kondisi dingin maka kondisinya akan baik-baik saja.

    Sulitnya menyalakan mobil saat mesin panas bisa terjadi akibat resistansi kumparan yang semakin besar. Ketika panas mesin mengenai body solenoid, maka nilai tahanan di dalam kumparan makin besar. Dampaknya arus listrik tertahan dan tidak bisa mengalir ke kumparan tersebut. Saat arus listrik tertahan, otomatis mesin jadi sulit dihidupkan.

            3. Tidak ada reaksi saat mobil distarter

    Jika ada reaksi dari dinamo starter maka hal itu bisa jadi pertanda kalau dinamo starternya rusak. Kemungkinan penyebabnya terjadi putus sekring pada dinamo. Sekring yang putus menandakan bahwa ada jalur kelistrikan yang mengalami korsleting atau hangus terbakar. Kondisi tersebut juga memicu carbon brush dan gulungan tembaganya yang juga ikut terbakar.

            4. Aki habis atau soak

    Masalah lain yang timbul dan mencirikan kalau dinamo starter mobil rusak adalah aki atau baterai yang lemah bahkan soak. Hal itu berdampak pada sistem starter mobil yang lambat dan tidak memacu sistem perapian.

    Kondisi ini cukup mudah dikenali lantaran saat menyalakan mobil, bakal muncul suara starter yang putus-putus. Itu pertanda kalau voltasenya tidak cukup bahkan menurun. Coba cek akinya, karena bisa jadi sambungan baterai kotor, korslet, habis atau longgar.

    Tentunya kerusakan dinamo starter bisa diatasi dengan melakukan perawatan di bengkel. Namun pastikan untuk memilih bengkel terpercaya agar hasil pekerjaannya pun bisa maksimal sehingga tidak perlu bolak-balik ke bengkel.

    Bila ragu dengan kualitas pekerjaan sebuah bengkel, maka tidak ada salahnya untuk mendatangi bengkel resmi Suzuki yang kini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Kunjungi bengkel resmi Suzuki di wilayah Solo, Surakarta dan sekitarnya. Booking segera jadwal servis anda pada halaman Service di website www.suzukisurakarta.co.id

    Tak hanya itu, pelanggan juga tidak perlu khawatir terhadap kualitas suku cadang. Hal ini karena Suzuki menjamin bahwa sparepart yang digunakan adalah asli sehingga daya tahannya akan lebih terjamin.