Berita

    Cara Membersihkan Karburator Mobil dengan Tepat

    Karburator mobil adalah salah satu komponen mobil yang penting, fungsinya adalah untuk mengatur jumlah bahan bakar serta udara yang masuk ke mesin mobil. Komponen ini yang mengatur laju mobil supaya tetap stabil.

    Supaya performa mobil Anda tetap stabil dan mesinnya berjalan optimal, maka perlu dilakukan pembersihan karburator secara rutin. Apabila karburatornya kotor, maka kinerja dari mesin mobil bisa menurun.

    Cara Tepat Membersihkan Karburator Mobil

    Jika Anda hendak membersihkan karburator dari mobil Anda, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan. Pastikan melakukannya dengan benar dan hati-hati, sehingga dapat karburator dapat dibersihkan dengan baik.

    iStock

    • Siapkan Semua Peralatan

    Untuk dapat melakukan pembersihan karburator mobil, maka Anda perlu untuk membongkar beberapa bagian mobil. Oleh karena itu, maka Anda butuh berbagai peralatan yaitu tang, obeng minus dan plus, serta kunci dengan nomor 10, 12, dan 14.

    Selain peralatan tersebut, Anda pastinya membutuhkan cairan pembersihnya, atau yang banyak disebut carburator cleaner. Silakan Anda beli terlebih dahulu jika belum memiliki cairan pembersih ini.

    • Membuka Rumah Filter Udara

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, terdapat berbagai bagian yang perlu dibongkar atau dibuka. Bagian pertama yaitu rumah filter udara. Anda perlu membuka bagian tersebut serta membuka bagian filternya.

    Untuk membuka bagian tersebut, Anda dapat memakai kunci nomor 12 dan 10. Gunakan kunci tersebut untuk melepas berbagai baut dan mur yang terletak di sekitar rumah filter.

    Lakukan cara membersihkan karburator mobil ini dengan hati-hati, jangan sampai membuat baut slek atau patah. Perhatikan dengan benar setiap baut yang akan dilepas.

    • Membuka Baut Drain

    Langkah berikutnya adalah membuka baut drain. Komponen ini berada di bagian depan dari body karburator. Fungsinya untuk menjadi baut penutup. Anda bisa memakai kunci dengan ukuran 14 untuk melepaskan bagian baut drain ini.

    Setelah komponen ini terlepas dengan aman, lakukan penyemprotan carburator cleaner ke seluruh bagian tersebut. Semprotkan juga ke bagian baut drain yang tadi sudah dilepas.