Berita

    Tindakan yang Tepat Jika Mobil Anda Terperosok ke Dalam Lubang

    Insiden mobil masuk lubang sering terjadi di Indonesia karena banyak faktor misalnya terjadi kerusakan pada komponen mobil, tertabrak, dan lainnya. Jika lubangnya dangkal kemungkinan Anda bisa mengeluarkannya dengan mudah. 

    Tapi bagaimana jika terperosok ke lubang yang dalam atau ke parit? Tentu insiden tersebut akan membuat panik dan bingung, sehingga tidak bisa berpikir jernih untuk mencari solusinya. Saat mengalami masalah ini sebaiknya terapkan beberapa tindakan berikut ini.

    5 Tindakan Mengatasi Mobil Masuk Lubang

    Saat mengalami kejadian ini pasti Anda bingung mengambil tindakan yang tepat untuk mengeluarkan mobil. Agar mobil bisa diangkat dengan aman sebaiknya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

    • Jangan Panik dan Tenangkan Diri

    Saat mobil terperosok ke lubang sebagai pengendara pasti merasa syok dan panik. Tapi usahakan tenangkan diri sejenak agar rasa syok dan panik berkurang. 

    Setelah dirasa sudah tenang barulah bisa berpikir jernih untuk mencari solusi yang tepat dan aman.  

    • Segera Keluar dari Mobil

    Saat menyadari bahwa mobil masuk lubang atau parit, tindakan selanjutnya adalah mencari jalan keluar. 

    Keluar dari mobilFreepik.com

    Jika terperosok ke lubang atau parit yang penuh dengan genangan air sebaiknya segera buru-buru keluar agar tidak terjebak terlalu lama di sana.

    Karena jika tidak segera mengeluarkan diri Anda, beban Anda dapat memperparah terperosoknya mobil. Jangan lupa cek kondisi para penumpang dan pastikan mereka bisa keluar dengan selamat.

    • Meminta Pertolongan Warga Sekitar

    Jika mobil terperosok ke lubang yang tidak terlalu dalam kemungkinan bisa dikeluarkan tanpa perlu bantuan alat berat dengan bantuan 3 – 4 orang. 

    Untuk mengeluarkannya mintalah bantuan ke warga sekitar agar mobil bisa segera dievakuasi. 

    Jadi, 2 – 3 orang memegang bagian samping atas bodi mobil sembari menggoyang-goyangkannya. Sementara 1 orang lagi memegang setir dan menjalankan mobil maju/mundur untuk mengeluarkan rodanya. 

    • Menggunakan Jasa Alat Berat

    Jika mobil masuk lubang yang dalam mau tidak mau Anda harus menggunakan jasa penyedia alat berat untuk mengeluarkannya. Jasa alat berat umumnya selalu ada di setiap daerah jadi tidak perlu khawatir kesulitan menemukannya.

    Alat berat jenis crane umumnya dipakai untuk mengeluarkan mobil yang masuk ke dalam lubang yang dalam. Prosesnya tergolong cukup aman dan cepat karena mobil diangkat menggunakan tali khusus sehingga tidak menimbulkan lecet. 

    Proses evaluasi hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk menangani insiden ini. Untuk biayanya sendiri sebenarnya tidak terlalu mahal biasanya hanya sekitar Rp1 juta saja. 

    Jika di daerah sekitar tidak ada jasa penyewaan alat berat Anda bisa menghubungi Dinas Perhubungan karena instansi tersebut biasanya menyediakan crane untuk berbagai keperluan. 

    • Cek Kondisi Mobil

    Setelah berhasil dievakuasi, mobil harus dicek secara menyeluruh untuk melihat detail kerusakannya. Saat masuk ke dalam lubang pasti ada komponen yang mengalami kerusakan. Setelah itu mobil perlu dilakukan spooring balancing.

    Agar posisi ban mobil kembali seperti semula sesuai setelan pabrik. Jika merasa kurang nyaman saat mengendarainya itu artinya diperlukan proses balancing untuk menyesuaikan dan menjaga keseimbangan mobil. 

    Itulah tadi tindakan yang harus dilakukan saat mobil masuk lubang yang wajib dilakukan. Jangan lupa membawa mobil ke bengkel resmi Suzuki untuk mengembalikan performanya ke setelan semula pasca insiden tersebut. 

    Mobil Anda akan disetel ulang agar bisa dikendarai dengan nyaman dan mengembalikannya ke tampilan awal. Semua proses perbaikan akan dilakukan oleh para ahli sehingga hasilnya sudah pasti terjamin.