Berita

    Wajib Tahu! Fungsi Komponen Dryer AC Mobil

    Untuk menjalankan fungsinya dalam menjaga temperatur kendaraan, AC mobil terdiri atas berbagai komponen utama. Beberapa contohnya yaitu kompresor, kondensor, evaporator, ekspansi valve, hingga saringan atau filter dryer AC mobil.

    Di antara berbagai komponen tersebut, filter pengering AC memiliki peran dan fungsi yang tidak kalah penting. Jadi, ketahui seperti apa fungsi hingga cara kerjanya untuk memastikan AC Anda tetap berfungsi optimal!

    Fungsi Filter Dryer AC Mobil 

    Dalam sistem AC mobil yang kompleks, filter dryer adalah penyaring yang bertugas untuk menyaring dan mengeringkan refrigerant yang juga dikenal sebagai freon. Komponen ini terletak tepat di antara kondensor dan expansion valve di dalam sistem pendinginan.

    Adapun fungsi utama dari saringan pengering ini adalah untuk menyaring segala kotoran atau partikel halus yang terbawa oleh freon. Kotoran ini bisa berupa debu dan partikel lain yang mungkin bersirkulasi bersama refrigerant.

    Fungsi penyaringan ini bukan hanya untuk menjaga udara yang dihasilkan menjadi bersih, tetapi juga untuk memastikan performa mesin kendaraan tetap optimal tanpa gangguan dari debu dan kotoran.

    Cara Kerja Filter Dryer AC Mobil

    Adapun tahapan cara kerja filter pengering AC mobil terbagi dalam 3 langkah. Berikut merupakan penjelasan ringkasnya:

    • Freon Cair Dialirkan ke Filter

    Proses kerjanya dimulai ketika freon cair dialirkan ke dalam komponen ini sebelum diubah menjadi gas dingin. Proses pertama yang terjadi adalah penyerapan air, yang dilakukan oleh desiccant. Desiccant akan menyerap air yang terbawa oleh freon cair.

    • Filter Menyaring Kotoran

    Setelah proses penyerapan air selesai, freon cair lalu akan melewati filter dryer, di mana kotoran seperti debu dan pasir halus yang ikut terbawa saat pengisian freon akan disaring.

    • Sisa Freon Dialirkan Kembali