Berita

    Ini Dia Gejala Aki Drop yang Wajib Diketahui

    Aki mobil merupakan sebuah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai sumber daya listrik utama  pada mobil. Keberadaan penting itulah yang membuat Anda harus menghindari adanya aki drop mengalami penurunan kinerja.

    Sebab apabila itu terjadi, maka Anda akan kesulitan menghidupkan mesin kendaraan dan menyediakan daya untuk berbagai sistem listrik di dalam mobil. Fungsi dari aki ini pun tidak dapat bekerja secara optimal.

    Tanda-tanda Aki Drop dan Penanganannya 

    Tidak jarang pemilik mobil menghadapi masalah aki yang mengalami drop atau penurunan kinerja. Dalam artikel ini, akan dibahas gejala yang dapat diidentifikasi ketika aki mobil mengalami penurunan kinerja, serta solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

    Berikut ulasan lengkapnya:

    1. Mesin Mobil Sulit Hidup

    Salah satu tanda utama aki drop adalah kesulitan dalam menyalakan mesin. Jika Anda mengalami kesulitan saat menghidupkan mesin, ini bisa menjadi indikasi bahwa aki tidak lagi menyediakan daya yang cukup untuk memulai kendaraan.

    Anda bahkan sudah melakukan starter berulang kali. Namun mesin tidak bisa hidup bahkan tidak ada suara yang muncul seperti biasanya.

    2. Suara Mesin Lemah atau Mogok

    Aki yang sudah drop dapat memengaruhi kinerja mesin. Jika mesin mengeluarkan suara lemah atau bahkan mogok saat dihidupkan, ini dapat menjadi tanda bahwa aki membutuhkan perhatian lebih.

    Maka dari itu apabila mesin mobil Anda bersuara sangat lemah, maka sebaiknya langsung bawa ke bengkel. Sebab jika Anda memaksa untuk berkendara dengan keadaan seperti itu, bisa jadi Anda mengalami kemogokan di jalan.

    3. Suara Klakson Lemah atau Tidak Berbunyi

    Klakson yang berbunyi lemah atau bahkan tidak berbunyi sama sekali bisa menjadi indikasi bahwa aki drop pada mobil. Sementara apabila bunyi klakson kuat dan tajam, itu merupakan tanda mobil berfungsi dengan baik.

    4. Lampu Mobil Redup atau Mati

    Penurunan kinerja aki juga dapat terlihat pada lampu instrumentasi atau dashboard. Lampu yang redup atau mati mungkin menunjukkan bahwa aki tidak dapat menyediakan daya listrik yang cukup.

    Selain itu, tanda lain aki mengalami drop dapat Anda perhatikan juga pada lampu kepala mobil. Aki yang lemah dapat menyebabkan lampu kepala menjadi redup atau bahkan mati saat mesin dihidupkan.

    Cara Mengatasi Aki yang Drop