Berita

    Ini Ciri-Ciri Kaca Film Mobil Anda Perlu Diganti

    Kaca film mobil memiliki peran penting untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Komponen ini bisa membantu mengurangi suhu tinggi di dalam mobil dan melindungi pengemudi dari silau sinar matahari. 

    Perlu diketahui bahwa kaca film ini perlu diganti secara berkala karena punya masa pemakaian tertentu. Apalagi jika sudah muncul tanda-tanda yang memang mengharuskan kaca film tersebut untuk segera diganti baru. 

    Ciri-Ciri Kaca Film Mobil Perlu Diganti

    Biasanya kaca film pada mobil bisa bertahan dalam jangka waktu 3 hingga 5 tahun. Namun situasi ini sangat bergantung pada kebiasaan Anda dalam menggunakan mobil itu sendiri. 

    Jika memang sudah muncul tanda-tanda kaca film rusak dan tidak layak pakai, maka harus segera diganti. Berikut ini beberapa ciri yang menunjukkan bahwa kaca film di mobil Anda perlu diganti baru:

    • Warna Sudah Berubah

    Ciri pertama berhubungan erat dengan warna pada kaca film. Semakin lama digunakan maka warna kaca film akan berubah. Dari warna hitam kemudian akan berubah kusam dan memudar menjadi biru atau keunguan. 

    Perubahan warna pada kaca film ini biasanya terjadi karena daya tahan kaca sudah menurun. Selain itu paparan sinar matahari yang terjadi terus-menerus juga bisa menjadi pemicu pudarnya warna kaca film seiring durasi pemakaian. 

    • Muncul Gelembung di Permukaan Kaca

    Anda bisa perhatikan bagian kaca yang dilapisi film. Coba lihat apakah muncul gelembung di permukaan kaca tersebut. Jika mulai muncul gelembung, maka ini menjadi tanda bahwa kaca film sudah tidak layak. 

    Seharusnya lapisan film ini menempel dengan baik di permukaan kaca. Jika muncul gelembung maka akan terjadi ruang di antara lapisan film dan permukaan kaca yang kemudian bertambah besar dari waktu ke waktu. 

    Munculnya gelembung ini juga bisa jadi tanda bahwa daya rekat lem lapisan film memang sudah menurun. Oleh sebab itu Anda perlu segera menggantinya dengan lapisan yang baru. 

    • Kabin Mudah Panas

    Kaca film mobil memiliki fungsi menangkal panas dan membuat suhu di kabin tidak overheat. Jika terjadi kerusakan atau penurunan kualitas pada lapisan film tersebut maka fungsi ini tidak akan berjalan dengan baik. 

    dashboard gampang panas

    Anda bisa perhatikan apakah suasana di kabin terasa lebih mudah panas atau tidak. Jika suhu di kabin lebih mudah panas dan Anda lebih mudah merasa gerah berarti lapisan kaca film tersebut perlu diganti yang baru. 

    • Ada Goresan di Permukaan Kaca

    Selain gelembung, Anda juga perlu mengecek apakah ada goresan di permukaan kaca. Jika ada terlalu banyak goresan di bagian kaca padahal sudah dilapisi film, maka bisa jadi itu karena kualitas film sudah menurun. 

    Seiring berjalannya waktu, lapisan film akan mengalami penurunan kualitas dan daya tahan. Jika hal ini semakin memburuk maka permukaan kaca mobil Anda akan lebih mudah tergores dan sebaiknya lapisan film tersebut segera diganti. 

    • Jarak Pandang Tidak Optimal

    Ciri lain yang bisa Anda kenali untuk mengetahui apakah lapisan film perlu diganti adalah kualitas jarak pandang. Jika jarak pandang saat berkendara sudah tidak optimal berarti warna lapisan film memang sudah tidak bagus lagi. 

    Lapisan film seharusnya bisa melindungi kaca mobil Anda tanpa mengganggu jarak pandang. Jika jarak pandang saat berkendara sudah terganggu maka hal ini bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain jadi harus segera diatasi.