Berita

    Ketahui Ciri Knalpot Mobil Yang Bocor & Penyebabnya

    Knalpot menjadi salah satu bagian yang tak kalah penting pada sebuah mobil karena fungsinya sebagai saluran pembuangan gas dan juga efisiensi bahan bakar. Letaknya yang terdapat di bagian bawah mobil menjadi alasan pemilik mobil kurang memperhatikan kondisi pada knalpot. Kurangnya perawatan rutin juga dapat menyebabkan knalpot mobil mengalami kebocoran. 

    Perlu diketahui bahwa knalpot mobil berfungsi sebagai pembuangan gas pada mobil yang mengandung zat cukup berbahaya, seperti karbon monoksida, ozon hingga timbal. Jika hal ini dibiarkan, gas yang bocor dan masuk ke dalam kabin akan membahayakan kesehatan bagi para pengemudi maupun penumpang mobil.

    Para pemilik mobil tentu perlu memperhatikan kondisi knalpot untuk mengantisipasi hal-hal buruk terjadi dengan mengetahui penyebab serta ciri-ciri kebocoran pada knalpot. Simak penjelasan berikut ini.

    Penyebab knalpot mobil mengalami kebocoran

    Berikut beberapa penyebab terjadinya kebocoran pada knalpot. 

    • Knalpot retak

    Pipa knalpot retak umumnya terjadi akibat adanya benturan-benturan saat memarkir mobil secara sembarangan kemudian dibiarkan saja oleh pemilik mobil. Jika hal ini tidak dibenahi secepatnya, knalpot akan mengalami keretakan dan berujung terjadinya kebocoran. 

    • Usia pakai

    Meski knalpot terlihat masih baik dan apik, Anda perlu memperhatikan batas masa pakai bagian mobil ini, Batas masa pakai dapat ditentukan dari cara pemilik menggunakan mobil. Selain itu, kualitas knalpot yang baik dapat memberikan manfaat pada masa pakai knalpot untuk jangka panjang. Maka, hindari pemilihan knalpot dengan kualitas yang kurang baik.

    • Korosi

    Knalpot yang terbuat dari bahan besi menjadikan bagian mobil ini beresiko pada korosi. Jika bagian mobil ini jarang dibersihkan, korosi -- proses kerusakan yang diakibatkan oleh reaksi kimia –  dapat lebih mudah terjadi, terlebih jika Anda berada atau tinggal di pesisir pantai dan udara laut. 

    Ciri-ciri knalpot mobil bocor

    Knalpot yang mengalami kebocoran dapat diketahui dengan ciri-ciri sebagai berikut.

    • Kurang bertenaga

    Kebocoran pada knalpot akan berpengaruh pada lemahnya tenaga yang dihasilkan mobil. Lemahnya tenaga akan membuat pengemudi menginjak pedal gas lebih dalam lagi sehingga penggunaan bahan bakar pun akan jauh lebih banyak dan berakibat pada pemborosan bahan bakar. Tenaga mobil yang tidak semestinya akan membuat mobil tidak berjalan dalam RPM yang rendah.

    • Mesin bising