Berita

    Mengenal Fitur Paddle Shift pada Mobil

    Teknologi mobil saat ini berkembang semakin canggih. Salah satunya adalah paddle shift mobil yang dihadirkan pada mobil-mobil bertransmisi otomatis. Mari cari tahu lebih lengkap mengenai fitur ini dan apa fungsi yang dijalankan. 

    Apa Itu Paddle Shift Mobil?

    Perlu diketahui dulu bahwa fitur paddle shift ini adalah salah satu bentuk teknologi terbaru dan hanya ada di mobil-mobil tertentu. Biasanya fitur ini lebih banyak dikeluarkan di mobil-mobil terbaru dengan konsep sporty

    Paddle shift itu sendiri merupakan sebuah tuas transmisi yang bekerja secara manual dan disematkan di mobil dengan sistem transmisi otomatis. Anda bisa menemukan tuas kecil ini di balik sisi kemudi bagian kanan dan kiri.

    Tuas paddle shift biasanya ditandai dengan simbol + dan tidak semua tipe mobil memilikinya. Jika Anda menggunakan mobil transmisi otomatis seperti CVT atau continuously variable transmission, maka tuas ini akan Anda temukan di sana. 

    Posisi tuas ini memang cukup tersembunyi namun desain posisinya sudah diperkirakan dengan baik. Posisi tuas ini mengoptimalkan akses pengemudi ketika berkendara dan ingin mengubah transmisi.

    Jadi walaupun posisinya berada di balik kemudi, pengendara tetap bisa menjangkaunya dengan mudah. Bahkan posisi kepala juga tidak perlu menoleh ke kanan kiri karena bisa langsung dijangkau dari depan. 

    Fungsi Paddle Shift

    Tentu saja keberadaan paddle shift mobil ini memiliki fungsi khusus yang mendukung kerja mobil. Fungsi utama dari fitur ini adalah memberikan kenyamanan bagi pengemudi yang mengendarai mobil bertransmisi otomatis. 

    Tuas mungil paddle shift ini akan memberikan sensasi mengendarai mobil transmisi manual pada mobil yang bertransmisi otomatis. Singkatnya, inovasi ini akan membuat pengendara mobil matic jadi seolah-olah merasa mengendarai mobil manual. 

    Meskipun begitu, kendali mobil ini tetap terbilang mudah. Pengemudi hanya perlu menaikkan dan menurunkan transmisi seperti mobil manual melalui sentuhan jari tangan karena tuasnya mudah dijangkau di balik kemudi. 

    Inovasi ini juga dianggap mempermudah dan lebih efisien karena pengemudi tidak harus menggerakkan tuas di bagian samping. Jadi pengemudi tetap bisa fokus ke jalan dan menggerakkan tuas yang langsung bisa dijangkau dengan tangan.