Berita

    Saatnya Mengetahui Fungsi & Jenis Gasket Pada Mobil

    Meski fungsinya sangat penting, banyak orang yang tidak mengerti apa itu gasket. Secara umum, gasket adalah komponen yang diletakkan atau dipasang di atas permukaan dua objek berbeda. Benda ini berisi cairan fluida yang bisa merekatkan dua benda dan mencegah adanya kebocoran. Adanya kebocoran pada mesin tentunya sangat berbahaya sehingga harus tahan panas serta tekanan saat mesin digunakan.

    Bentuknya sendiri biasanya berupa kertas yang digunakan untuk merekatkan antara celah besi, yang berfungsi untuk mencegah rembes oli pada bagian vital mesin.

    Lantas sebenarnya apa fungsi utama dari gasket? 

    Berikut adalah beberapa fungsi gasket yang wajib diketahui pemilik mobil.

    • Penyambung blok mesin dan kepala silinder

    Jantung dari sebuah mobil adalah mesinnya karena tugasnya menghasilkan tenaga putaran melalui proses pembakaran bahan bakar dan udara. Ada banyak komponen yang bekerja disini, termasuk blok mesin dan kepala silinder. Di antara blok dan kepala silinder juga ada bagian yang disebut ruang bakar. Gasket pun diletakkan diantara blok mesin dan kepala silinder tersebut sebagai penyambung kedua bagian tersebut.

    • Mempertahankan kompresi

    Fungsi gasket yang diletakkan di antara blok mesin dan kepala silinder adalah untuk menjaga kompresi. Proses pembakaran bahan bakar dan udara akan menghasilkan kompresi atau pemadatan volume. Bila tidak ada komponen yang menjaga kompresi tersebut maka bisa menyebabkan kebocoran dan pembakaran pun menjadi kurang maksimal.

    • Mencegah kebocoran oli

    Selain mencegah kebocoran kompresi, fungsi gasket juga untuk memastikan tidak terjadi kebocoran oli. Fungsi ini penting karena kebocoran tersebut bisa menyebabkan berkurangnya volume oli dan membuat mesin mengalami kerusakan.

    Jenis Gasket

    Ada banyak jenis gasket yang digunakan pada mobil. Masing-masing tentu dengan keunggulannya masing-masing. Dan berikut adalah beberapa jenis gasket yang umum digunakan.

    • Metal spring-energizing ring

    Gasket dengan sifat self-energizing yang hanya dipakai untuk media besar.

    • Metal c-ring gasket

    Gasket self-energizing yang cocok untuk tempat dudukan kecil. Tipe ini biasa digunakan pada low pressure juga low vacuum.  

    • Metal u-ring gasket

    Tipe gasket yang fungsinya semakin baik ketika berada di tekanan tinggi antara 12,000 Psi.

    • Metal o-ring gasket

    Jenis gasket di mana bagian dalamnya bisa diisi dengan tekanan dan temperatur tinggi, tergantung kebutuhan ketika sudah dipasang.

    • Spiral wound gasket