Berita

    Simak Komponen Mobil yang Patut Diketahui

    Mobil adalah salah satu kendaraan yang paling umum digunakan selain motor. Untuk menjalankan fungsinya, mobil memiliki mesin yang terdiri atas berbagai komponen. Berbagai komponen mobil dalam mesin tersebut memiliki peran dan fungsi tersendiri secara spesifik.

    Sebab jika diibaratkan, mesin berperan sebagai jantung bagi sebuah mobil. Oleh karena itu, penting untuk mengenali apa saja komponen utama pada mesin mobil agar dapat memahami bagaimana mobil bekerja dan mengetahui tips merawatnya agar tetap berfungsi dengan baik.

    Berikut Komponen Mobil dan Mesin yang Perlu Diketahui

    Dalam menjalankan fungsinya, mesin mobil terdiri atas banyak bagian, bahkan bisa mencapai hingga ratusan komponen. Namun secara umum, berikut ini adalah 5 komponen utama yang perlu diketahui sebab berperan penting bagi performa dan kinerja saat berkendara.

    • Komponen Kepala Silinder (Cylinder Head)

    Kepala silinder adalah bagian atas dari blok silinder yang menjadi tempat bagi klep dan ruang bakar. Kepala silinder juga berfungsi sebagai tempat mengalirkan udara segar ke dalam ruang bakar dan mengeluarkan gas buang.

    Pada kepala silinder juga terdapat camshaft yang menggerakkan rocker arm untuk membuka dan menutup klep. Selain itu, di sini juga terdapat busi yang berfungsi memicu api di ruang bakar sehingga terjadi pembakaran.

    • Komponen Blok Silinder (Cylinder Block)

    Blok silinder adalah bagian terbesar dari mesin mobil dan berfungsi sebagai tempat dimana komponen lainnya terpasang. Sehingga, komponen ini terbuat dari bahan logam yang kuat seperti besi cor atau aluminium.

    Di dalamnya terdapat beberapa saluran dan lubang yang berfungsi mengalirkan bahan bakar, udara, oli, dan air pendingin ke berbagai bagian mesin. Tepat di bagian atasnya terdapat kepala silinder.

    • Komponen Torak (Piston)

    Komponen mesin mobil selanjutnya adalah torak atau piston, yaitu komponen yang bergerak naik turun di dalam silinder. Gerakan ini dipengaruhi oleh tekanan yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar dan udara di dalam silinder.

    Gerakan inilah yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan roda mobil. Pada bagian atasnya terdapat permukaan datar atau cembung yang menjadi tempat terjadinya pembakaran bahan bakar.

    • Komponen Poros Engkol (Crankshaft)