Berita

    Simak Teknik Putar Balik Mobil yang Benar

    Menyetir mobil tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa hal seperti teknik putar balik mobil yang harus dipelajari. Apalagi untuk pemula yang baru belajar mengemudi.

    Tapi tenang saja, teknik ini akan mudah dilakukan jika Anda tekun belajar menyetir. Tak hanya itu, konsentrasi saat menyetir juga diperlukan supaya cepat mahir.

    2 Teknik Putar Balik Mobil Bagi Pemula

    Ada dua cara untuk memutar balikkan mobil. Namanya adalah three point turn dan U turn. Bagaimana ya tekniknya?

            1. Three Point Turn

    Teknik ini biasanya digunakan untuk memutar balik saat berada di jalan sempit. Caranya yaitu dengan memutar kemudi menjadi maju dan mundur sebanyak beberapa kali.

    Sebelum memutar balik, Anda harus meletakkan tuas transmisi menjadi gigi pertama. Kemudian putar kemudi dengan arah yang berkebalikan dengan posisi mobil.

    Misalnya saja jika Anda akan putar balik ke arah kiri, maka Anda harus menginjak gas lalu memutar ke kanan. Kemudian posisikan gigi mundur, lalu tarik lagi putaran ke kiri, dengan tak lupa menginjak gas.

    Setelah itu ulangi langkah tersebut, sampai akhirnya mobil bisa berputar arah secara sempurna. Jangan lupa untuk selalu melihat spion mobil, untuk memastikan tidak ada kendaraan lewat atau penghalang. 

    Anda bisa mempraktikkan teknik hand to hand untuk memutar setir. Maksudnya adalah, satu tangan bertindak untuk menarik kemudi, lalu kemudian tangan yang lain bertugas untuk membantu mendorongnya. 

    Saran saja, jika menerapkan teknik ini, usahakan saat dalam keadaan terdesak ya. Seperti area yang kurang luas untuk bermanuver.

            2. U-turn

    Teknik putar balik mobil berikutnya dinamai U-Turn. Cara memutar yang satu ini lebih gampang ketimbang teknik pertama. Sebab dilakukan secara langsung.

    Anda bisa menggunakan teknik ini jika ingin berpindah jalur. Makanya perputaran dilakukan secara langsung karena area yang luas.

    Cara untuk melakukan U-turn adalah dengan memposisikan mobil berdempetan dengan pembatas jalan. Atau jika tidak ada pembatas jalan, maka di garis putus tengah jalan. Setelah itu, injak rem terlebih dahulu dan kopling, saat sudah berada di tengah.

    Apabila di jalur tersebut sudah mulai renggang, belokkan setir ke arah jalan tersebut. Tetap perhatikan spion untuk melihat kendaraan-kendaraan di sekitar Anda. Seperti motor atau sepeda yang seringkali luput dari perhatian.