Berita

    Tips! Cara Membersihkan dan Melindungi Velg Mobil

    Membersihkan velg mobil bisa memaksimalkan performa dan keamanan kendaraan Anda. Velg yang bersih dan terawat akan mempengaruhi keseimbangan mobil, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan bahkan memperpanjang umur ban. 

    Aga banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjamin Anda bisa melakukan perawatan dengan baik. Apa saja caranya?

    Cara Membersihkan Velg Mobil

    Cara di bawah ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian velg mobil dengan bahan chrome dan aluminium.

    • Metode Pertama: Aluminium Foil

    Aluminium foil bukan hanya bermanfaat di dapur, tetapi juga dalam membersihkan velg chrome. Pertama, cuci velg Anda dengan sabun cuci mobil untuk menghilangkan kotoran dasar. 

    Kemudian, gosok aluminium foil yang telah dibasahi dengan air atau air garam pada permukaan velg. Gerakan maju-mundur akan membantu menghilangkan noda atau karat yang membandel. 

    Jika karatnya tebal, berikan tekanan yang lebih kuat. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap yang halus.

    • Metode Kedua: Pasta Gigi

    Pasta gigi, yang biasanya hanya digunakan untuk membersihkan gigi, ternyata juga efektif untuk membersihkan velg mobil jenis chrome. Caranya cukup mudah. 

    Basahi velg dan lap hingga kering. Oleskan pasta gigi pada area yang berkarat atau kotor. Biarkan pasta gigi mengering, lalu gosok dengan lap kering. Anda akan terkejut melihat sejauh mana pasta gigi bisa membuat velg Anda berkilau kembali.

    • Metode Ketiga: Minuman Bersoda

    Minuman bersoda ternyata memiliki kegunaan lain yang cukup mengejutkan. Tingkat keasaman yang tinggi pada minuman ini efektif untuk menghilangkan karat dan membersihkan velg mobil. 

    Pertama-tama, cuci velg aluminium Anda dengan sabun cuci mobil untuk menghilangkan kotoran dasar. Setelah itu, tuangkan minuman bersoda pada permukaan velg yang berkarat dan diamkan selama 20 menit. 

    Gunakan spons cuci piring yang halus untuk menggosok permukaan velg hingga karat hilang. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

    • Metode Keempat: Amplas Waterproof

    Amplas waterproof bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah karat pada velg aluminium. Pilih amplas dengan tingkat kekasaran yang rendah untuk mencegah baret. 

    Basahi permukaan velg dan amplas, lalu gosok permukaan yang berkarat atau kotor. Anda juga bisa menambahkan sabun colek untuk memudahkan proses ini.