Berita

    Lagi Mudik? Tips Memilih Bengkel Mobil Non Resmi

    Mudik merupakan aktivitas mobilitas yang cukup melelahkan karena bisa memakan banyak waktu di perjalanan. Untuk memastikan kendaraan Anda tetap nyaman, maka penting menerapkan tips memilih bengkel mobil non resmi saat perjalanan mudik.

    Saat perjalanan jauh, mungkin Anda mengalami kesulitan untuk menemukan bengkel resmi di sekitar. Oleh karena itu bengkel non resmi sering menjadi pertimbangan untuk melakukan pengecekan atau perbaikan pada kendaraan Anda.

    5 Tips Memilih Bengkel Mobil Non Resmi

    Sebenarnya, bengkel yang bukan dari pabrikan masih menawarkan layanan dengan kualitas terbaik dan terjamin. Tentunya hal ini bisa Anda dapatkan dengan cermat dalam memilih bengkel mobil yang tepat. Apa saja itu? Ini dia daftarnya:

    • Menawarkan Suku Cadang Asli

    Pilihlah layanan bengkel yang menawarkan produk suku cadang asli ketika melakukan perawatan ataupun perbaikan terhadap kendaraan Anda. 

    Sebab, penggunaan suku cadang asli dapat membantu Anda mengenakan komponen mesin sesuai standar pabrikan mobil Anda sendiri.

    Selain itu, penggunaan suku cadang asli juga memiliki usia pakai yang lebih tahan lama daripada produk palsu. Tentunya ini dapat membantu Anda menjaga kualitas dan performa dari kendaraan itu sendiri.

    • Mekanik Mampu Menganalisis Kerusakan Dengan Baik

    Dalam memilih bengkel berkualitas, carilah layanan yang mengandalkan mekanik profesional dan berkompeten di bidangnya. Hal ini dikarenakan, mekanik yang kompeten memiliki sertifikasi uji dari lembaga terpercaya. Salah satu caranya melihat ini dengan memperhatikan bagaimana mekanik dari bengkel mampu menganalisis masalah mobil Anda dengan baik. 

    mekanik bengkel non resmiFreepik.com

    Mekanik profesional tentunya dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Permasalahan mobil yang dialami juga akan lebih cepat teratasi dengan perawatan yang tepat.

    • Memiliki Peralatan Lengkap

    Tips memilih bengkel mobil non resmi selanjutnya adalah cari bengkel yang memiliki peralatan cukup lengkap untuk perawatan mobil Anda. 

    Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat dari jenis layanan yang ditawarkan cukup beragam sesuai kebutuhan.

    Dengan memiliki peralatan cukup lengkap, maka untuk mendeteksi masalah pada kendaraan akan lebih mudah dan cepat. Ini juga dapat membantu proses penanganan masalah pada mobil Anda diatasi secara tepat.

    • Memiliki Kredibilitas Tinggi

    Pertimbangkan juga saat memilih bengkel harus memiliki kredibilitas yang tinggi. Biasanya ini dapat dilihat dari review konsumen yang merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh pengelola bengkel.

    Untuk mengetahui bengkel dengan kredibilitas tinggi, Anda bisa bertanya pada forum otomotif di media sosial. Anda bisa melakukan pertimbangkan sekiranya bengkel apa yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumennya.

    • Fasilitas Bengkel Nyaman

    Poin yang tidak kalah penting, pilihlah bengkel yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan nyaman untuk konsumen. 

    Cek apakah bengkel tersebut memiliki beragam fasilitas yang memadai seperti ruang tunggu, toilet, musala, Wi-Fi gratis, hingga area tempat bermain ini.

    Penawaran fasilitas ini tentu menjadi nilai lebih karena Anda bisa menunggu tanpa merasa bosan. Terlebih saat mudik biasanya proses pemeriksaan mobil di bengkel bisa memakan waktu cukup panjang untuk menjaga performa kendaraan tetap maksimal.

    Demikian beberapa tips memilih bengkel non resmi yang terpercaya agar bisa membantu untuk melakukan perjalanan mudik dengan nyaman. Meski tidak melakukan perawatan atau perbaikan dari bengkel pabrikan, namun masalah kendaraan dapat teratasi dengan tepat.

    Jangan sampai karena tidak menemukan bengkel resmi, Anda menjadi abai ketika mobil bermasalah saat perjalanan mudik. Hal ini tentu berisiko menimbulkan masalah lebih fatal seperti kendaraan mogok hingga kecelakaan lalu lintas.