Berita

    Apa itu Brake Pad? Fungsinya pada Sistem Pengereman Mobil

    Brake pad merupakan salah satu komponen penting yang merupakan bagian dari sistem pengereman. Komponen ini disebut juga dengan istilah brake shoe.

    Pastinya, sistem pengereman sangat dibutuhkan ketika berkendara, supaya perjalanan tetap bisa berlangsung dengan aman. Maka dari itu, komponen yang satu ini terbilang cukup vital untuk mobil Anda.

    Apa Itu Brake Pad

    Seperti yang sudah dijelaskan di awal, komponen ini adalah bagian dari sistem pengereman mobil. Komponen ini merupakan sebuah kampas rem yang isinya terdiri dari pad yang memiliki bentuk karena terjadinya gesekan di bagian backing plate baja.

    istockphoto.com

    Sistem rem memiliki cara kerja dengan dimulai dari pengemudi menginjak pedal rem. Selanjutnya, mobil dapat mendorong cairan ke arah setiap roda mobil, melalui jalur dari komponen rem.

    Dengan sistem rem tersebut, dapat mengubah daya kinetik menjadi serangkaian gesekan yang bisa memperlambat bahkan menghentikan laju mobil.

    Fungsi Brake Pad

    Secara umum, komponen ini sering disebut dengan kampas rem. Nama yang satu ini mungkin terdengar lebih umum dan sering diucap oleh pemilik mobil. Fungsinya cukup vital, berikut adalah berbagai fungsi dari komponen ini.

    • Dapat Membuat Pengereman Mobil menjadi Lebih Aman

    Fungsi pertama dan utama dari kampas rem adalah untuk membuat pengereman mobil Anda menjadi lebih aman.

    Kampas rem ini akan menjepit bagian rotor rem yang sedang bergerak. Selanjutnya, kampas akan menghentikan putaran tersebut dan membuat mobil semakin melambat atau berhenti.

    Karena memiliki fungsi penting tersebut, maka semakin baru kampas rem akan membuatnya semakin mudah untuk menghentikan laju mobil. Kampas akan semakin optimal dalam menahan gaya gesek pada sistem pengereman.

    Sebaliknya, jika kampasnya mulai aus, maka performa fungsinya juga dapat berkurang. Hal ini pastinya bisa menimbulkan berbagai risiko keamanan dan keselamatan untuk perjalanan Anda, maka perlu sangat diperhatikan.

    • Suara Berisik Ketika Mengerem Dapat Berkurang

    Ketika mobil Anda melakukan tindakan pengereman, maka akan timbul suara berisik karena terjadi serangkaian gaya gesek untuk memperlambat laju kendaraan.

    Kampas rem mengambil fungsi penting untuk hal ini, yaitu dalam hal mengurangi suara berisik atau bising dalam proses pengereman.