Berita

    Cara Menjaga Kondisi Jok Mobil Tetap Aman

    Jok mobil menjadi salah satu elemen pada mobil yang berperan cukup penting di kendaraan Anda. Seringkali banyak orang melupakan perawatan elemen satu ini. 

    Padahal perlu Anda ketahui bahwa elemen ini dapat menjadi mudah aus, rentan terkena kotoran, dan juga rentan mengalami kerusakan karena paparan sinar matahari atau bahkan bahan kimia. 

    Jika Anda membiarkan jok dalam keadaan kotor, berdebu, atau mungkin rusak tentu akan membuat perjalanan terasa tidak nyaman. 

    Dengan menjaga jok tetap bersih dan juga terawat, tentu akan memberikan kenyamanan baik bagi pengemudi maupun penumpang. Selain itu, tampilan interior mobil pun menjadi lebih baik dan terlihat lebih menarik. 

    Ingin mengetahui bagaimana cara terbaik membersihkan jok di dalam mobil? Simak artikel ini hingga selesai!

    Tips Merawat Jok Mobil

    Ketika Anda hendak membersihkan jok dalam mobil, pastikan Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini:

    • Bersihkan secara Teratur

    Ada baiknya anda membersihkan jok secara teratur. Anda dapat menggunakan berbagai peralatan seperti sikat yang lembut, lap mikrofiber, dan juga cairan pembersih jok yang sesuai. 

    Pastikan untuk menghindari penggunaan produk pembersih dengan kandungan uang keras maupun dengan bahan kimia yang dapat merusak lapisan jok. 

    Anda perlu sesegera mungkin menghilangkan noda pada jok untuk menghindari noda menempel secara permanen. 

     

    merawat jok mobil

    Freepik.com

    Cara membersihkannya yaitu berikan cairan pembersih pada buku sikat, kemudian gosokkan secara ringan ke area jok yang kotor hingga kotoran sudah terlihat terangkat. Kemudian lap bekas cairan pembersih menggunakan lap halus hingga benar-benar kering.

    • Lindungi dari Sinar Matahari secara Langsung

    Perlu Anda ketahui bahwa paparan sinar matahari secara langsung dan berlebihan dapat membuat warna jok pudar dan juga merusah material jok. Untuk melindunginya, Anda dapat menggunakan penutup jok agar terhindar dari sinar UV. 

    Anda juga dapat menggunakan penutup jok pada saat mobil tidak digunakan atau diparkir untuk waktu yang cukup lama. Dengan menggunakannya, jok mobil Anda akan terindungi dari berbagai kotoran seperti debu maupun noda lainnya.

    • Lakukan Perawatan Khusus untuk Material Tertentu 

    Jika jok pada mobil Anda terbuat dari material khusus seperti kulit, pastikan untuk merawatnya dengan cara yang khusus agar tidak mudah rusak. Anda dapat menggunakan cairan pembersih yang khusus untuk material kulit yang memang direkomendasikan. 

    Kemudian Anda dapat melakukan conditioning kulit secara rutin agar kulit jok tetap lembut dan juga tahan lama. Perawatan semacam ini dapat Anda lakukan setiap satu bulan sekali agar tampilan jok tidak kusam. 

    • Dilarang Merokok di Dalam Mobil 

    Sekalipun adanya aturan mengenai larangan merokok saat mengemudi yang tercantum dalam UU 22 Tahun 2009, seringkali masih banyak orang yang melanggarnya. 

    Selain berisiko merusak jok apabila menjatuhkan bara rokok, merokok saat berkendara tentunya akan membahayakan Anda dan pengemudi lain. 

    • Jaga Kelembapan Suhu Mobil 

    Mobil dengan suhu yang terlalu ekstrem seperti terlalu lembap atau terlalu panas nyatanya dapat merusak jok pada mobil Anda. 

    Anda dapat menggunakan pengatur suhu yang ada di dalam mobil untuk dapat menjaga kelembapan yang seimbang agar jok dapat tahan lama. 

    Itulah beberapa tips untuk merawat jok mobil Anda agar tetap dalam kondisi prima. Pastikan Anda memberikan perhatian lebih untuk merawat jok pada mobil dan lakukanlah secara online! Informasi lain seputar otomotif, klik suzukisurakarta.co.id!