Berita

    Featured Image

    Cara Mengecek Mobil Bekas Tabrakan

    Jika Anda berniat membeli mobil, mungkin saja mobil bekas menjadi incaran karena harganya lebih terjangkau. Namun, kondisi mobil bekas adalah aspek penting yang harus dipertimbangkan, sehingga sebaiknya Anda tahu cara mengecek mobil bekas tabrakan.

    Dalam artikel ini, akan dibahas berbagai tanda yang menunjukkan bahwa mobil tersebut pernah mengalami tabrakan.

    Cara Mengecek Mobil Bekas Tabrakan, Ini Tandanya!

    Meski mobil bekas dapat menjadi alternatif, namun berbagai hal di bawah ini perlu diwaspadai karena bisa jadi merupakan tanda pernah mengalami tabrakan.

    • Perbedaan Warna Cat

    Jika mobil masih dalam kondisi baik, maka pengecatan ulang umumnya tidak diperlukan. Lalu, jika perlu mengecat kembali karena warnanya sudah mulai pudar, maka umumnya akan dilakukan untuk seluruh bagian bodi mobil.

    Namun, jika Anda menemukan mobil yang warna catnya belang atau memiliki perbedaan antara satu bagian dengan bagian lainnya, maka hal ini bisa menjadi tanda pernah mengalami tabrakan.

    Untuk mempermudah melakukan pengamatan warna cat, Anda sebaiknya melihatnya di bawah cahaya matahari.

    • Kerusakan pada Rangka

    Tanda bahwa mobil pernah mengalami tabrakan yakni ketika adanya kerusakan pada bagian rangkanya. Besar atau kecilnya kerusakan dipengaruhi oleh seberapa parah tabrakan yang dialami.

    Jika rangka mobil tampak rusak, maka sebaiknya Anda mewaspadainya. Ketahui lebih lanjut seberapa layak mobil tersebut untuk Anda beli.

    Ketika Anda tahu bahwa kerusakannya terlalu parah, atau mungkin saja pemilik sebelumnya menyembunyikan informasi kerusakan, maka sebaiknya pertimbagkan ulang transaksi Anda.

    • Celah Tidak Rata atau Panel Tidak Cocok

    Poin ini sebenarnya masih berhubungan dengan pembahasan tentang bagian rangka mobil. Perlu dipahami bahwa ada berbagai bagian celah yang bisa Anda lihat pada mobil. Seharusnya, setiap bagian pada celah tersebut ditutup dengan ruang yang sama.

    Misalnya, untuk bodi mobil di bagian tengah dan depan, jika Anda melihat bagian luarnya, maka seharusnya celah yang ada di antara keduanya mempunyai jarak yang sama. Lalu, tampaknya pun presisi dan kokoh.

    Namun, jika ternyata celah tersebut tidak rata, ada baiknya Anda mencurigai kondisi mobil tersebut.

    • Kaca Belakang dan Depan Tidak Sejajar

    Ketika mobil mengalami tabrakan, maka kaca mobil menjadi salah satu bagian yang sangat rawan mengalami kerusakan parah.

    Meski kaca mobil telah diganti dengan yang baru, namun pemasangannya akan sulit menjadi sempurna seperti sedia kala.

    Jadi, cara mengecek apakah mobil tersebut bekas tabrakan atau tidak, salah satunya yakni dengan melihat kaca mobilnya. Apabila bagian depan dan belakang tampak tidak sejajar, maka bisa jadi telah mengalami tabrakan sebelumnya.

    • Permukaan Ban Tampak Tidak Rata

    Selanjutnya, cara mengecek mobil bekas tabrakan juga bisa dilihat dari bagian bannya. Jika permukaan ban tidak rata, maka bisa saja hal ini disebabkan karena mobil pernah mengalami tabrakan.

    ban tidak rataFreepik.com

    Hal ini bisa terlihat dari tinggi mobil, jika ternyata tampak adanya perbedaan ketinggian di bagian kiri dan kanan, maka sebaiknya Anda waspada.

    • Ada Bekas Pengelasan

    Tanda penting yang perlu Anda ketahui dan cek dengan seksama yakni ada atau tidaknya bekas pengelasan pada mobil tersebut.

    Jika mobil pernah tertabrak, maka biasanya akan ada bagian yang patah atau penyok. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, maka umumnya akan ada tindakan pengelasan.

    Jadi, apabila tampak bekas pengelasan, maka dapat diketahui bahwa sudah ada tindakan perbaikan sebelumnya.

    Anda bisa mempertimbangkan kondisi tersebut, termasuk dibandingkan dengan besar kerusakan, cara perbaikan sebelumnya, dan harga mobil yang ditawarkan.

    Itulah berbagai tanda yang secara umum menandakan bahwa mobil tersebut kemungkinan pernah mengalami tabrakan.