Berita

    Featured Image

    Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Mobil Mengelupas

    Pernahkah Anda mengalami cat mobil terkelupas? Tentu kondisi ini bisa membuat perasaan Anda sangat menjengkelkan. Sebab, cat yang mengelupas bisa mengurangi nilai estetika pada tampilan mobil Anda.

    Kondisi cat mobil yang mengelupas memang memiliki banyak faktor sehingga perlu Anda ketahui agar lebih mudah cara mengatasinya. Ayo ketahui lebih lanjut pembahasan cat mobil pada informasi berikut ini!

    Penyebab Cat Mobil Terkelupas

    Permasalahan cat mobil yang terkelupas sudah sangat umum sering ditemui oleh pemilik kendaraan. Baik itu faktor cuaca atau human error, kondisi ini bisa diakibatkan karena beberapa hal di bawah ini:

    • Cuaca Ekstrem

    Alasan utama bisa terjadi yaitu pengaruh dari kondisi cuaca yang ekstrem seperti hujan, panas, dan debu di sekitar. Selain itu, paparan sinar UV juga bisa memicu reaksi kimia yang memudahkan warna cat lebih cepat pudar.

    Secara perlahan, cat akan mudah terkelupas dan membuat lapisannya menjadi retak atau rusak. Karena faktor cuaca tidak bisa Anda hindari, maka Anda perlu melakukan antisipasi untuk mengatasi masalah ini.

    Pertama, Anda bisa memarkirkan kendaraan di tempat yang teduh agar terlindungi dari paparan sinar matahari. Selain itu, lakukan pembersihan secara rutin agar kotoran dan debu yang menempel pada lapisan cat mobil menghilang.

    • Kesalahan dalam Pembersihan

    Selain karena faktor cuaca, kondisi cat mobil terkelupas juga bisa saja terjadi akibat kesalahan manusia. Bisa jadi, kesalahan tersebut karena kurangnya kesadaran pemilik mobil dalam menjaga kualitas cat.

    Adapun beberapa penyebabnya bisa dikarenakan Anda terlalu kasar menggosok permukaan cat saat mencuci mobil.

    Misalnya menggunakan spons yang kotor atau mengaplikasikan sabun cuci yang mengandung bahan kimia berbahaya sehingga merusak lapisan cat mobil.

    Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya segera untuk mengganti alat membersihkan mobil menggunakan spons dan sabun khusus yang aman untuk cat mobil. Penting juga untuk menerapkan teknik pembersihan mobil agar tidak mencuci terlalu kasar.

    • Kualitas Cat yang Buruk

    Selain penyebab cuaca dan kesalahan dalam perawatan, faktor lainnya bisa juga dikarenakan menggunakan jenis cat dengan kualitas yang buruk. Akibatnya, ini membuat cat mobil mudah memudar dan terkelupas dengan cepat.

    Maka dari itu, sangat penting untuk memilih jenis cat yang berkualitas tinggi untuk kendaraan Anda. Sebaiknya, pilih lah cat yang sudah memenuhi standar sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

    Cara Mengatasi Cat Mobil Terkelupas

    Cara Mengatasi Cat Mobil TerkelupasFreepik.com

    Merawat cat mobil dengan baik adalah kunci untuk menjaga kendaraan tetapi tampil sempurna. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi cat mobil agar tidak mudah terkelupas.

    • Lakukan Pembersihan Rutin

    Bersihkan mobil secara teratur untuk menghilangkan debu dan kotoran yang bisa merusak cat. Pilihlah jenis cairan pembersih khusus yang aman untuk menjaga lapisan cat mobil dengan baik.

    • Kurangi Mencuci dengan Mesin Otomatis

    Mesin cuci mobil otomatis biasanya menggunakan bahan kimia dan sikat yang kasar sehingga dapat mempercepat lapisan cat rusak. Sebaiknya, cucilah mobil secara manual atau mencucinya ke bengkel yang terpercaya.

    • Hindari Bahan Kimia

    Hindari kendaraan Anda terkena tumpahan cairan bahan kimia seperti asam atau bensin yang bisa merusak lapisan cat. Jika mobil Anda terkena tumpahan tersebut, segera bersihkan menggunakan air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

    • Hindari Goresan

    Penting untuk selalu waspada dengan kondisi di sekitar yang bisa merusak lapisan cat mobil Anda. Hindari pemakaian benda keras atau tajam untuk menghindari goresan yang bisa merusak tampilan mobil Anda.