Berita

    Tips Memilih Sistem Audio Mobil yang Berkualitas

    Memutar radio atau musik menjadi salah hiburan yang dapat menemani ketika melakukan perjalanan jauh atau menjadi hiburan ketika jalanan macet. Agar suara musik yang keluar maksimal, maka Anda perlu memilih sistem audio mobil yang berkualitas.

    Memang bagaimana cara menemukan sistem yang berkualitas tersebut? Mudah dan hanya diperlukan beberapa langkah! Sebaiknya jangan lewatkan pembahasan ringkas berikut ini untuk mengetahui semuanya! 

    Tips Mudah Memilih Sistem Audio yang Berkualitas

    Sebenarnya setiap mobil sudah dilengkapi dengan sistem audio bawaan. Apabila Anda kurang cocok dengan audio bawaan dan ingin memodifikasi sistem audio pada mobil sesuai selera, Anda bisa terapkan tips memilih sistem audio untuk mobil berikut:

    • Pilih Sistem Audio yang Memiliki Fitur Lengkap

    Agar Anda dapat mengatur suara musik sesuai dengan selera maka Anda perlu memilih audio yang memiliki fitur lengkap. Beberapa fitur yang diperlukan diantaranya seperti fitur equalizer dan power amplifier

    Amplifier sendiri adalah alat yang berguna untuk menguatkan sinyal dari head unit dan meningkatkan kualitas audio sehingga lebih jernih. 

    Pemilihan kualitas head unit juga bisa berpengaruh pada kemudahan Anda dalam memutar musik atau radio. 

    Anda bisa memilih head unit dengan fitur touch screen yang mendukung berbagai format audio mulai dari MP3, USB, CD, memiliki fitur bluetooth, navigasi, dan sebagainya.

    • Memilih Jenis Audio

    Berikutnya Anda perlu memilih jenis audio yang sesuai dengan selera Anda. Setidaknya ada 4 jenis audio yang bisa dipilih diantaranya yaitu

    • Sound Pressure Level

    Bagi Anda yang menyukai audio dengan output suara yang kencang maka audio SPL ini bisa jadi pilihan. Audio SPL menonjolkan volume suara yang sangat kencang terutama pada frekuensi bass

    Jenis audio ini cenderung memiliki jumlah subwoofer yang sedikit dan amplifier power yang besar. 

    • Sound Quality

    Jika SPL lebih menitikberatkan pada kerasnya suara dan frekuensi bass, maka audio SQ ini lebih menekankan pada kualitas suara dengan volume yang sama pada semua jenis frekuensi. 

    Suara yang dihasilkan oleh sistem audio mobil ini sangat berkualitas baik dari tingkat kejernihan, bayangan, sampai tingkat kedalamannya. 

    Agar suara yang dihasilkan tidak terdengar sampai keluar, Anda bisa menggunakan peredam suara mobil.

    • Sound Quality Load

    SQL adalah perpaduan dari audio jenis SPL dan SQ sehingga memiliki kualitas suara yang jernih dan volume yang keras. 

    Jika Anda tertarik dengan audio ini maka Anda perlu menyiapkan speaker dan subwoofer dalam jumlah yang tidak sedikit. Biasanya audio ini diterapkan pada bagian belakang mobil. 

    • Car Theater

    Untuk jenis sistem audio mobil ini tidak hanya dapat digunakan untuk memutar musik namun juga bisa digunakan untuk menonton film. 

    Audio ini biasanya dilengkapi dengan fitur yang dapat mendukung beragam format dan perangkat seperti DVD dan USB.

    Audio ini juga biasanya dilengkapi dengan televisi dan CD player. Seperti namanya, suara yang dihasilkan oleh audio ini sangat jernih seperti suara di bioskop

    • Pilih Speaker Sesuai Selera

    Dalam memilih jenis speaker pastikan jenis speaker yang dipilih sesuai dengan power amplifier pada sistem mobil Anda. Anda bisa memilih frekuensi speaker dari 20 Hz atau lebih sesuai dengan selera. 

    • Cek Kembali Suara Sistem Audio

    Setelah selesai memilih jangan lupa untuk mengecek segala instalasi kabel dan suara yang dihasilkan dari sistem audio. Jika suara yang dihasilkan kurang sesuai dengan selera, Anda bisa mengatur frekuensi atau equalizer sampai pas. 

    Itulah beberapa tips memilih sistem audio mobil yang berkualitas. Setelah memilih sistem audio, Anda tinggal melakukan instalasi dan menikmati musik berkualitas saat berkendara.