Berita

    Ketahui Jenis Freon AC pada Mobil

    Freon adalah salah satu bagian dari komponen mobil yang digunakan untuk mengatur suhu ruang di dalam kabin mobil. Terdapat beberapa jenis freon AC mobil yang memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing.

    Tentu masing-masing dari tipe freon AC ini bisa menjadi pertimbangan dalam memilih sparepart yang tepat untuk kendaraan Anda. Simak penjelasan selengkapnya terkait freon AC mobil di bawah ini.

    Fungsi Jenis Freon AC Mobil

    Masing-masing dari jenis freon AC pada mobil memiliki fungsi utama untuk menciptakan sirkulasi udara yang nyaman dan sejuk di dalam mobil. Freon berperan penting dalam mengatur suhu panas agar menjadi lebih dingin di dalam mobil. 

    Untuk memaksimalkan kinerja freon AC mobil, tentu komponen ini harus diganti secara berkala dengan pemilihan jenis freon yang tepat.

    4 Jenis Freon AC Mobil

    Freepik

    Setidaknya terdapat 4 jenis freon AC pada mobil yang perlu Anda ketahui lengkap dengan keunggulannya. Apa saja itu?

    • Freon R-12

    Jenis freon untuk AC mobil ini sebenarnya sudah lama tidak digunakan sejak tahun 2000 lalu. Penghentian penggunaan freon ini dikarenakan tingginya dampak terhadap proses global warming.

    Diketahui jenis freon ini memiliki kandungan unsur CFC (Chloro Fluoro Carbon) yang berasal dari senyawa ethane dan methane. Sehingga para pemerhati global warming memutuskan untuk melarang freon ini untuk digunakan di seluruh dunia.

    Adapun karakteristik dari freon ini diantaranya seperti:

    • Tidak beracun dan tidak menyebabkan korosif.
    • Tetap stabil meski digunakan pada kondisi suhu rendah atau tinggi.
    • Tampilannya tidak berwarna dan bersifat tidak mudah terbakar.

     

    • Freon Hydrocarbon

    Freon hydrocarbon disebut sebagai freon anti global warming yang terbuat dari senyawa hidrogen dan senyawa karbon. Kedua senyawa ini telah diteliti dan terbukti tidak dapat merusak lapisan ozon.

    Dari kelebihannya ini, maka bisa disimpulkan jenis freon ini terbilang ramah lingkungan. Dimana senyawa yang digunakan tersebut dapat mencegah proses percepatan global warming.

    Adapun karakteristik dari freon hydrocarbon ini memiliki kandungan yang mudah terbakar sehingga perlu alat khusus agar berfungsi dengan baik.

    • Freon R-22