Berita

    Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya Remapping ECU Mobil

    Pernah dengar tentang remapping ECU mobil? Ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan demi meningkatkan performa mesin. Tentu saja hal ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang penting untuk Anda ketahui. 

    Tentang Remapping ECU Mobil

    Apa sebenarnya remapping ECU itu? ECU merupakan electronic control unit yang menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah mobil. Remapping ECU merupakan proses kalibrasi yang akan membantu meningkatkan performa mobil. 

    Tindakan ini juga bisa dikatakan sebagai proses penyetelan ulang sehingga ECU bisa memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan. Namun perlu diketahui bahwa proses ini tidak bisa dilakukan sembarangan dan sulit untuk dikerjakan sendiri. 

    Proses kalibrasi ini sebaiknya dilakukan oleh ahli atau mekanik yang sudah berpengalaman. Bahkan sangat direkomendasikan untuk melakukannya di dealer atau bengkel resmi mobil yang Anda gunakan. 

    Proses remapping ini tidak selamanya memberikan keuntungan bagi pengendara mobil. Anda harus tahu bahwa proses ini memiliki sisi lebih dan kurang. Jadi mari kenali dulu apa saja kelebihan dan kekurangannya. 

    Kelebihan

    Banyak orang memilih untuk melakukan remapping ECU mobil karena memang ada banyak manfaat yang didapatkan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari proses tersebut:

    • Meningkatkan Kinerja Mesin Mobil

    Mayoritas tujuan dilakukannya remapping ini adalah untuk membuat performa atau kinerja mesin mobil meningkat. Memang benar jika setelah proses kalibrasi ini, performa mobil bisa meningkat tajam bahkan sampai 10%. 

    • Meningkatkan Torsi

    Selain memperbesar daya atau kekuatan mesin, ternyata proses ini juga bisa membantu meningkatkan daya torsi. Ini juga menjadi poin penting yang akan berpengaruh pada performa mobil secara menyeluruh. 

    Proses remapping akan membuat daya torsi bertambah dan mobil yang awalnya punya akselerasi biasa saja jadi bisa lebih cepat. Tarikan mesin juga bisa jadi lebih galak atau responsif. 

    • Membuat Tarikan RPM Jadi Lebih Enteng

    Kelebihan lain dari proses ini adalah membuat tarikan RPM jadi jauh lebih enteng. Tarikan RPM yang dimaksud adalah tarikan RPM tengah sampai atas. Biasanya hal seperti ini sangat disukai pengguna mobil yang hobi berkendara jarak jauh. 

    • Menghemat Konsumsi BBM