Berita

    Memahami Apa itu Istilah Mobil Badak?

    Ada beberapa mobil yang memiliki julukan nama hewan unik  salah satunya yaitu mobil badak. Mungkin banyak sekali yang bingung mengenai istilah tersebut dan bertanya-tanya apa itu mobil badak?

    Sebenarnya penamaan mobil dengan nama hewan sudah banyak dilakukan di masa lalu. Pemberian nama hewan biasanya diberikan sesuai dengan karakteristik mobilnya.

    Apa itu Mobil Badak? 

    Mobil badak adalah sebutan bagi mobil yang didesain untuk bisa melintasi beragam medan jalan yang sulit atau menantang. Dengan kata lain mobil badak ini memiliki karakter yang berbeda dari mobil biasanya atau mobil konvensional.

    Nama badak diberikan karena mobil ini memiliki karakter mirip dengan badak seperti kokoh, tangguh, dan bisa melewati beragam rintangan yang menghadang.

    Ciri-Ciri Mobil Badak

    Untuk memudahkan Anda dalam mengenali mobil badak, berikut beberapa ciri-ciri mobil badak:

    • Kokoh dan Kuat

    Karakteristik pertama mobil badak memiliki rangka dan bodi yang sangat kuat dan kokoh sehingga mampu menahan segala benturan atau tekanan. 

    body yang kokohunplash.com

    Desain tersebut dibuat untuk melindungi penumpang dan mobil saat menghadapi kondisi yang sulit. Dengan bodinya yang kokoh, mobil badak juga tidak mudah rusak.

    • Memiliki Ban Off-road

    Ciri khas mobil badak berikutnya terlihat pada rodanya. Mobil badak menggunakan ban off-road yang didesain untuk melewati medan yang terjal atau sulit. 

    Ban off-road mempunyai traksi yang tahan lama serta dalam sehingga memudahkan mobil saat melewati jalanan yang  terjal atau berbatu. 

    Selain itu, mobil badak juga memiliki ground clearance yang cenderung tinggi serta suspensi yang sangat kokoh. 

    • Memiliki Mesin Berperforma Tinggi

    Selain ban yang kuat, mobil badak juga memiliki performa mesin dengan daya dorong yang sangat kuat dan fitur pendingin yang efektif.

    Mesin dengan performa yang tinggi dibutuhkan supaya mobil bisa melintasi medan yang sulit dan bisa memberikan percepatan di beragam keadaan. 

    • Mampu Membawa Beban Berat

    Mempunyai desain bodi yang kokoh dan kuat tidak hanya membuat mobil ini tahan banting namun juga mampu membawa penumpang maupun barang dengan bobot yang berat. Belum lagi kabin mobil juga cenderung luas. 

    Dengan kemampuannya ini, mobil badak cocok digunakan sebagai alat transportasi di daerah terpencil dengan kondisi jalanan yang berlumpur, untuk misi penyelamatan, serta cocok digunakan bagi Anda yang mempunyai hobi off-road

    • Semua Roda Memiliki Sistem Penggerak 

    Apa itu mobil badak? Mobil badak adalah mobil yang biasanya juga dilengkapi dengan sistem penggerak pada semua rodanya seperti sistem penggerak 4 x 4 atau sistem penggerak 6 x 6. 

    Sistem penggerak tersebut memberikan dorongan pada roda sehingga mobil mampu melintasi beragam medan yang sulit dan terjal seperti pasir, lumpur, bebatuan serta tanjakan.

    • Memiliki Banyak Sistem Keamanan

    Karena sering digunakan pada medan jalan yang sulit, mobil badak biasanya dilengkapi dengan banyak fitur keamanan yang beragam. Misalnya airbag ganda, roll cage, pelindung bodi dan sejenisnya.

    Fitur keamanan tersebut ada untuk melindungi penumpang serta kendaraan dari kerusakan atau benturan rintangan jalan yang ekstrem.