Berita

    Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Berbunyi

    AC mobil berbunyi merupakan salah satu pertanda bahwa komponen di dalamnya sedang mengalami masalah. Jika dibiarkan begitu saja akan mengganggu kenyamanan selama di dalam mobil. 

    Tak hanya itu, tapi juga bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada komponen AC lainnya. Bila hal tersebut terjadi tentu uang yang harus dikeluarkan akan lebih banyak. Maka dari itu, sebaiknya segera diatasi sebelum kerusakannya menjalar ke bagian lainnya. 

    Sebelum memperbaikinya harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mencari solusi yang tepat untuk memperbaikinya. Berikut penjelasan lengkapnya tentang penyebab AC mobil mengeluarkan bunyi. 

    Penyebab AC Mobil Berbunyi dan Cara Mengatasinya

    Pada umumnya ada beberapa penyebab AC mobil mengeluarkan bunyi. Penyebab tersebut bisa terjadi karena komponen yang sudah termakan usia atau karena kurangnya perawatan. Untuk mengetahui detail penyebabnya simak penjelasan berikut ini.

    • Terjadi Masalah di Bagian Kompresor

    Ketika AC berbunyi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi kompresor. Karena hal ini biasanya terjadi karena kompresor mengalami masalah, di antaranya adalah:

    • Kompresor kekurangan oli sehingga menimbulkan suara gesekan benda logam. Meski terlihat sepele jika dibiarkan bisa membuat kompresor rusak parah dan harus diganti dengan yang baru.
    • Daya kompresi menurun sehingga tidak hanya menimbulkan suara tapi juga membuat suhu di dalam mobil kurang dingin saat melaju di kecepatan rendah.
    • Kompresor macet ketika dipaksa bekerja saat mengalami overheat tanpa dilakukan perbaikan, sehingga menimbulkan suara yang cukup mengganggu.

    Masalah ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak mengisi oli kompresor, menggunakan jenis oli yang tidak sesuai, atau karena terdapat kerak atau kotoran di dalam kompresor. 

    AC mobil berbunyi yang disebabkan karena masalah kompresor harus segera ditangani. Sebaiknya bawalah ke bengkel resmi untuk dilakukan tindakan yang tepat agar kerusakannya tidak semakin parah.

    • Terdapat Kerusakan pada Sparepart Mobil

    Jika kondisi kompresor aman, kemungkinan AC berbunyi disebabkan karena ada bagian sparepart mobil yang rusak. Berikut beberapa komponen sparepart yang bisa menyebabkan AC berbunyi: 

    • Magnetic clutch mengalami masalah, sehingga membuat kinerja AC mobil terganggu. Komponen ini merupakan bagian yang menghubungkan putaran mesin mobil dengan kompresor.