Berita

    Penyebab Tangki Mobil Berkarat dan Tip Mengatasinya

    Tangki mobil berkarat bisa terjadi karena beberapa hal, seperti kualitasnya BBM yang digunakan kurang bagus atau adanya masalah pada kelistrikan mobil. 

    Selain itu, tangki yang mulai terkena korosi bisa mengakibatkan masalah pada mesin, seperti performa mesin yang menurun. Lantas, apa faktor yang bisa menyebabkan tangki bahan bakar menjadi berkarat? Mari ikuti ulasannya!

    Perhatikan Penyebab Tangki Mobil Berkarat

    Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tangki kendaraan mulai berkarat. Di antaranya adalah sebagai berikut ini: 

    • Kondisi Tangki Mobil yang Kotor

    Anda yang jarang membersihkan tangki mobil, membuat endapan kotoran semakin menumpuk dan akhirnya menyebabkan korosi. Tangki yang mulai berkarat akan menghambat proses sirkulasi BBM ke mesin. 

    • Kualitas BBM Buruk

    Pabrik mobil atau bengkel resmi pasti sudah merekomendasikan bensin apa yang cocok digunakan untuk mobil Anda. Namun, kadang Anda mengabaikannya dan memilih bahan bakar yang diinginkan saja. 

    kualitas bbm burukFreepik.com

    Pasalnya, menggunakan BBM yang berkualitas buruk memiliki partikel yang akan mempercepat proses korosi. Akhirnya tangki akan berkarat. 

    • Sistem Kelistrikan Bermasalah

    Ketika ada masalah pada sistem kelistrikan mobil, tangki juga bisa berkarat. Hal itu dikarenakan korsleting yang menyebabkan suhu kendaraan menjadi panas. Suhu tersebut akan mengakibatkan kerusakan serta karat pada bagian dinding tangki bahan-bakar. 

    Tips Atasi Tangki Mobil yang Berkarat

    Jika tangki sudah berkarat, perbaikan sangat diperlukan untuk mengembalikan fungsinya. Tentu, itu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, untuk mencegah tangki mobil berkarat, Anda bisa mengikuti tips berikut:

    • Selalu Periksa Bagian Kelistrikan sebelum Bepergian

    Ketika hendak bepergian, pastikan untuk mengecek mesin mobil terlebih dahulu. Terutama, periksa bagian kelistrikannya. 

    Pasalnya, kelistrikan yang mengalami arus pendek bisa membuat tangki jadi lebih mudah berkarat dan bisa mengganggu keselamatan penumpang. 

    Dengan melakukan pengecekan rutin, Anda dapat menemukan permasalahan lebih awal sehingga bisa langsung memperbaiki dan mencegah kerusakan yang lebih buruk lagi. 

    • Gunakan BBM yang Sudah Terjamin Kualitasnya

    Langkah kedua untuk mengantisipasi tangki kendaraan agar tidak berkarat adalah memakai BBM yang sudah terjamin kualitasnya. Kalau perlu, gunakan yang dianjurkan pabrik agar sesuai kebutuhan mesin kendaraan. 

    BBM berkualitas akan menghindarkan tangki dari risiko terkena korosi serta membuat kondisinya tetap awet. 

    Di Indonesia, terdapat beberapa jenis bahan bakar yang bisa Anda pilih. Di antaranya ada  RON 89 untuk Premium, RON 90 untuk Pertalite, RON 92 untuk Pertamax, RON 98 untuk Pertamax Turbo. 

    Selain itu, Anda sebaiknya tahu bahwa RON yang dipakai bisa mencegah korosi pada tangki mobil dan meningkatkan efisiensi dalam mengkonsumsi bahan bakar. 

    • Bersihkan Tangki Mobil Secara Berkala

    Untuk menghindari tangki yang kotor dan bisa mempercepat proses korosi, Anda perlu membersihkan tangki mobil secara berkala. 

    Anda dapat membawa mobil ke bengkel resmi yang mempunyai tim mekanik ahli untuk membersihkan tangki mobil sehingga hasilnya lebih maksimal. 

    Untuk memastikan kondisi tangki, setiap kali melakukan perawatan mesin, Anda dapat meminta mekanik untuk mengeceknya. Dengan begitu, pembersihan dapat dilakukan bila dirasa sudah banyak endapan kotor di dalam tangki. 

    Demikianlah hal-hal yang bisa menyebabkan tangki mobil berkarat dan tips untuk mengatasinya. Pastikan Anda mengikuti tipsnya untuk mencegah sebelum korosi terjadi. 

    Jangan lupa juga untuk membawa mobil ke bengkel resmi agar dilakukan pembersihan yang maksimal oleh para ahli! Pengecekan mesin juga akan dilakukan setelah pembersihan untuk memastikan performanya tetap terjaga.