Berita

    Tips Merawat Ban Mobil

    Sebelum melakukan perjalanan jauh, alangkah baiknya memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu. Baik itu mesin, rem hingga ban mobil. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan saat perjalanan jauh. Seperti kecelakaan atau ban bocor.

    Langkah Pemeriksaan Ban Mobil 

    Ada beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan, untuk merawat ban mobil sebelum melakukan perjalana  jauh supaya tetap nyaman digunakan. Berikut cara-caranya:

            1. Selalu Memperhatikan Tekanan Angin

    Tekanan angin pada ban harus selalu diperhatikan oleh pemilik mobil. Pastikan untuk memperhatikannya sejak jauh-jauh hari sebelum digunakan.

    Ban dengan angin yang kurang, jelas tidak nyaman jika dikendarai. Pun demikian dengan ban yang diisi angin berlebih. Maka ban bisa mudah aus.

    Untuk itu, penting memastikan jumlah tekanan pada ban. Rata-rata yakni sekitar 30-35 psi. Anda bisa melakukan pemeriksaan pada bengkel terdekat.

            2. Spooring dan Balancing

    Berikutnya adalah melakukan spooring dan balancing pada ban kendaraan. Spooring adalah proses untuk menyeimbangkan kembali roda-roda mobil. Pada bagian depan maupun belakang.

    Spooring memiliki fungsi menjaga kestabilan pada kendaraan. Ketika ban sudah distabilkan, maka kemudi juga menjadi ringan.

    Fungsi lain yaitu bisa mencegah kemudi belok sendiri saat setir dilepas oleh pengendara. Terakhir, bisa mengurangi keausan pada bagian roda. 

    Sementara itu, balancing dilakukan supaya semua roda pada mobil bisa seimbang. Apabila sudah seimbang, maka perputaran ban juga akan baik. 

            3. Isi Ban Dengan Nitrogen

    Dibanding angin biasa, mengisi ban mobil dengan nitrogen jauh lebih baik saat perjalanan jauh. Apa saja manfaatnya?

    • Angin Pada Ban Jadi Lebih Awet

    Nitrogen memiliki kemampuan lebih baik ketimbang oksigen untuk ban kendaraan. Sebab, nitrogen tidak mudah keluar dari karet ban. Sementara oksigen lebih cepat keluar dari pori-pori karet pada ban.

    Pengisian ban dengan nitrogen, 1 sampai 3 minggu lebih awet ketimbang angin biasa. Lumayan sekali kan menghemat pengeluaran?

    • Menjaga Temperatur Ban

    Gas yang satu ini juga mampu menjaga temperatur ban. Sebab sifatnya bisa mendinginkan ban. Itulah mengapa karet ban yang berisi nitrogen tidak cepat rusak.

    • Lebih Ringan