Berita

    7 Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

    Jika mesin mobil bergetar saat rpm rendah, Anda tidak perlu panik dahulu. Ada beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebabnya. Seringkali, penyebabnya berupa masalah yang cukup sederhana namun jika tidak segera diperbaiki akan berdampak cukup besar.

    Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

            1. Kerusakan pada engine mounting

    Engine mounting berfungsi untuk meredam getaran yang ditimbulkan ketika mesin bekerja. Alat ini terbuat dari karet, dan jika sudah rusak atau sudah tidak kenyal lagi, maka kinerjanya menjadi tidak optimal. 

    Oleh karena itu, getaran pada mesin akan terasa sampai kabin. Jika Anda mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi, getaran perlahan akan berkurang. 

            2. Dudukan mesin rusak

    Ada 2 fungsi utama dudukan mesin pada mobil, yaitu :

    • Untuk menempelkan mesin mobil ke rangka kendaraan
    • Untuk meredam atau mengurangi getaran pada mesin sehingga penumpang tidak merasakan getaran saat sedang berkendara.

    Ketika dudukan mesin mesin rusak atau patah, Anda akan merasakan getaran berlebih di dalam mobil dan juga akan merubah posisi bagian lain di dalam mesin sehingga tidak berada di lokasi yang tepat.

    Bagian lain akan menanggung lebih banyak beban ketika dudukan mesin rusak dan kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan pada bagian lain.

            3. Ban bergelombang atau tidak seimbang

    Kondisi ban mobil juga mempengaruhi adanya getaran yang terasa pada mobil. Ban yang bergelombang akan bekerja secara tidak maksimal dan menimbulkan getaran yang akan terasa hingga di dalam mobil.

    Atau jika Anda baru memasang ban baru namun merasakan getaran saat mengemudi, kemungkinan pemasangan ban yang tidak seimbang. Segera periksa dan perbaiki jika Anda mengalami hal tersebut.

            4. Internal mesin bermasalah

    Jika ada komponen pada internal mesin mobil yang bermasalah, tentunya akan membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal. Getaran pada mesin mobil juga akan terasa tidak wajar. 

    Beberapa kondisi internal mesin yang bermasalah misalnya :

    • Silinder mesin hilang
    • Kebocoran pada kabel busi atau koil lemah
    • Kerusakan atau tersumbatnya injector mobil

            5. Kerusakan pada kopling