Berita

    Featured Image

    7 Bagian Mobil Ini Sangat mempengaruhi Kenyaman Anda

    Kenyamanan saat berkendara adalah hal yang paling penting bagi pengemudi dan penumpangnya. Beberapa bagian kenyamanan pada mobil ini ternyata sangat berpengaruh bagi pengguna kendaraan.

    Tentu hal tersebut harus diketahui sehingga perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala agar mobil tetap bekerja dengan optimal. Berikut simak penjelasan selengkapnya pada artikel di bawah ini!

    Hal yang Mempengaruhi Bagian Kenyamanan pada Mobil

    Setidaknya ada 8 komponen yang harus Anda ketahui karena sangat mempengaruhi kenyamanan bagi pemilik mobil. Apa saja itu? Berikut daftarnya!

    • Suspensi

    Suspensi adalah salah satu bagian mobil yang bekerja untuk mengurangi guncangan saat melewati jalan berlubang dan tidak rata. Tentu jika komponen ini bekerja dengan baik, maka tidak akan mengganggu kenyamanan Anda selama di perjalanan.

    Tetapi, jika Anda merasa mobil tidak stabil dan goyang-goyang, sebaiknya periksa suspensi mobil dan lakukan pengecekan secara keseluruhan. Jika bagian tersebut bermasalah, lakukan perbaikan dan penggantian sesuai dengan spesifikasi pabrik yang direkomendasikan.

    • Kursi Mobil

    Bagian selanjutnya adalah jok atau kursi mobil. Komponen ini adalah tempat yang paling lama digunakan saat berkendara baik bagi pengemudi ataupun penumpang di dalam mobil.

    kursi atau jok mobilFreepik.com

    Maka dari itu, sangat penting untuk memilih jenis mobil dengan fasilitas kursi yang nyaman agar perjalanan lebih menyenangkan. Misalnya, dengan mempertimbangkan bantalan pada jok kursi yang tebal.

    • Sistem Audio

    Mendengarkan musik atau berita saat berkendara bisa menjadi ide untuk mengisi waktu kebosanan selama di perjalanan. Tak heran mengapa sistem audio berperan penting untuk menghasilkan kualitas suara yang bagus saat musik dinyalakan.

    Maka dari itu, pastikan sistem audio pada mobil dapat berfungsi dengan baik. Jika suara yang dihasilkan terdengar mengganggu, segeralah untuk mengganti ke sistem audio yang baru dengan fitur teknologi canggih.

    • Sistem Pendingin

    Sistem pendingin atau AC dalam mobil juga menjadi salah satu bagian kenyamanan pada mobil untuk menjaga suhu ruang tetap stabil. Terutama di negara tropis seperti Indonesia, AC berperan penting untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

    Maka dari itu, pastikan AC mobil dapat menghasilkan udara dingin agar ruang tetap terasa nyaman selama perjalanan. Jika AC sudah tidak dapat berfungsi dengan baik, segeralah periksa dan melakukan perbaikan ke bengkel terpercaya.

    • Penutup Jendela

    Kaca atau penutup jendela adalah bagian yang berfungsi untuk mengurangi suara bising dari luar. Tentu ini dapat memberikan kenyaman saat Anda berada di lalu lintas yang cukup padat kendaraan.

    Penting sekali untuk memastikan kondisi jendela terhindar dari keretakan dan kerusakan lainnya. Selain itu, kebersihan jendela juga perlu diperhatikan agar tidak mengganggu visibilitas pengemudi selama di perjalanan.

    • Kabin Mobil

    Kabin mobil adalah ruang yang paling banyak digunakan oleh penumpang selama perjalanan. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan memastikan ruangan wangi terawat setiap hari.

    Menjaga kenyamanan pada kabin mobil bisa Anda upayakan dengan memberikan pengharum ruangan yang segar. Pastikan tidak ada sampah yang berserakan di sela-sela kursi atau pintu mobil.

    • Aki Mobil

    Aki berfungsi sebagai sumber tenaga listrik pada mobil untuk menghidupkan mesin dan menyalakan lampu mobil. Maka dari itu, Anda harus memastikan Aki terisi penuh agar sistem kelistrikan berfungsi dengan normal sehingga dapat meningkatkan kenyamanan berkendara terutama saat malam hari.