Berita

    Bemper Depan vs Bemper Belakang: Perbedaan dan Fungsinya

    Salah satu komponen terluar pada mobil yang tidak kalah penting adalah bagian bemper. Bagian ini biasanya terletak di depan dan belakang mobil. Namun biasanya, masih terdapat perbedaan antara bemper depan vs bemper belakang pada mobil. 

    Tak hanya berbeda dari segi fisiknya saja, namun terdapat perbedaan pada fungsinya pula. Untuk lebih jelasnya, simaklah artikel berikut ini.

    Perbedaan Bemper Depan vs Bemper Belakang Mobil

    Dalam pengertiannya, bemper merupakan bagian pada mobil yang memiliki engsel atau built in yang diletakkan pada berbagai titik ekstrim sebuah mobil. Bentuk dan penempatannya pun dapat beragam tergantung pada ide dari pembuat mobil itu sendiri. 

    Dari segi bentuk, bemper depan dan belakang tentu memiliki bentuk yang berbeda karena menyesuaikan dari desain mobil itu sendiri. 

    Dari segi fungsi, bemper depan berfungsi untuk menjadi peredam pada saat terjadi benturan di bagian depan. Sedangkan bemper belakang berfungsi untuk meredam jika terjadi benturan di bagian belakang mobil. 

    Fungsi Bemper Mobil

    Setelah Anda mengetahui pengertian dan perbedaan antara bemper depan vs bemper belakang mobil, berikut ini beberapa fungsi bemper yang perlu Anda ketahui.

    Menjadi Peredam Benturan

    Saat berkendara, berbagai kemungkinan dapat terjadi termasuk kemungkinan mengalami tabrakan entah itu dengan mobil lain atau dengan benda. Seringnya, benturan pun tidak dapat terhindarkan.

    Pada saat mobil Anda mengalami tabrakan hingga menimbulkan benturan keras di bagian depan maupun belakang, disinilah peran bemper digunakan, karena dapat meredam benturan tersebut. 

    Kurangi Tingkat Kerusakan

    Sekecil apapun tabrakan yang terjadi, tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan kerusakan pada mobil Anda. Hal ini akan diperparah jika bemper mobil Anda tidak terbuat dari karet. 

    Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda dapat menggunakan bemper mobil yang terbuat dari karet dan teknologi yang lebih modern. Sehingga risiko kerusakan pun dapat diminimalisir.

    Dapat Melindungi Mesin dan Tangki Mobil

    Baik bemper depan maupun belakang, keduanya berfungsi untuk melindungi bagian mesin dan tangki yang ada pada mobil. Dengan begitu, apabila terjadi benturan pada mobil tidak akan langsung menghancurkan mesin dan tangki mobil. 

    Melindungi Penumpang

    Dengan adanya bemper mobil, baik pengendara maupun penumpang tentu akan merasa lebih aman selama di perjalanan. Hal ini dikarenakan bemper dapat melindungi penumpang dari dampak benturan yang bisa saja terjadi ketika mengalami kecelakaan. 

    Berikan Dukungan Aerodinamis