Berita

    Tidak Cuman Mempercantik, Ini Dia Fungsi Spoiler Mobil

    Ada banyak jenis aksesori mobil yang bisa Anda gunakan dan salah satunya adalah spoiler mobil. Namun perlu diketahui bahwa alat satu ini ternyata tidak hanya mempercantik tampilan dan membuatnya lebih sporty. Ada fungsi penting yang dijalankan oleh spoiler tersebut. 

    Fungsi Penting Spoiler Mobil

    Spoiler merupakan salah satu jenis aksesori mobil yang ternyata punya banyak fungsi penting. Tidak mengherankan jika banyak pengguna mobil yang berminat untuk menggunakannya. Berikut adalah beberapa fungsi spoiler mobil:

            1. Meningkatkan Aerodinamis Mobil

    Fungsi pertama dari spoiler adalah bisa meningkatkan aerodinamis mobil. Terutama untuk jenis mobil seperti sedan, minibus, maupun hatchback. Spoiler memiliki desain lekukan yang membuatnya bisa mendukung laju mobil jadi lebih cepat. 

    Tak hanya sekadar aksesori, alat ini juga akan membantu mengurangi gejala melayang saat mobil melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi. Termasuk juga ketika mobil harus melaju di tengah hembusan angin yang begitu kencang. 

    Dalam kondisi tersebut, bisa saja mobil mengalami oleng dan membahayakan pengendara. Spoiler akan membantu menurunkan risiko tersebut. Aerodinamis mobil lebih bagus dan bisa mempertahankan posisi mobil saat melaju kencang. 

            2. Menangkis Kotoran

    Alat satu ini ternyata memang tidak hanya sekadar hiasan. Pemasangan spoiler di bagian belakang mobil akan membantu Anda untuk menangkis kotoran yang mengenai mobil. Alat ini bisa menangkis berbagai debu dan kotoran dari arah belakang. 

    Mobil bisa mengalami turbulensi udara di bagian belakang. Hal ini kemudian akan memicu banyak debu yang berputar di sana. Spoiler terbukti bisa menghadang turbulensi udara sehingga debu maupun air hujan tidak akan mudah menempel.

    Seringkali saat berkendara jarak jauh, bagian belakang mobil akan terkena kotoran dengan cepat. Kondisi ini akan membuat tampilan mobil jadi lebih buruk. Itulah mengapa dibutuhkan spoiler untuk mencegahnya. 

            3. Meningkatkan Kemampuan Mengendalikan Mobil

    Spoiler mobil juga bisa membantu mempermudah pengemudi dalam memegang kendali. Saat mobil melaju kencang, maka angin di sekitar mobil secara otomatis juga melaju kencang. Hal ini membuat pengemudi seringkali mengalami kesulitan dalam mengendalikan mobil.