Berita

    Tips Mengemudi di Malam Hari dengan Aman dan Nyaman

    Mengemudi malam hari memang lebih sulit dibanding mengemudi di siang hari yang kondisinya lebih terang. Keterbatasan daya pandang dan faktor kelelahan pengemudi menjadi dua faktor utama yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara di malam hari. 

    Apalagi, kebanyakan pengemudi cenderung kurang fokus ketika berkendara pada malam hari. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memastikan Anda tetap dapat mengemudi dengan aman dan nyaman saat malam tiba.

    Ini Tips Mengemudi Malam Hari agar Tetap Aman dan Nyaman

    Saat berkendara di malam hari, resiko kecelakaan lalu lintas menjadi lebih tinggi. Untuk menghindari resiko yang mungkin terjadi, ini dia beberapa tips mengemudi secara aman dan nyaman yang bisa Anda terapkan:

    • Gunakan Headlights dengan Bijak

    Headlights adalah komponen kunci pada kendaraan Anda saat mengemudi di malam hari. Lampu utama ini terdiri atas sorot jauh (high beams) dan sorot rendah (low beams), yang masing-masing memiliki peran berbeda.

    High beams sebaiknya hanya digunakan ketika Anda berada di jalan yang sepi dan minim penerangan. Ketika ada kendaraan dari arah berlawanan atau Anda mengikuti kendaraan lain, segera beralih ke low beams agar tidak menyilaukan pengemudi lain.

    • Sesuaikan Headlights dan Kaca Spion

    Biasanya, setiap pabrikan sudah mengatur penempatan headlight dan kaca spion pada kendaraan. Namun, tidak ada salahnya untuk rutin memeriksa dan memastikan bahwa posisinya sudah benar dan sesuai.

    Pastikan bahwa lampu utama tidak menyilaukan pengemudi lain dari arah berlawanan. Selain itu, atur juga spion kendaraan dengan posisi sedikit ke bawah untuk menghindari cahaya yang silau dari kendaraan belakang.

    Freepik
    • Redupkan Lampu Dasbor dan Lampu Indikator

    Saat mengemudi malam hari, sebaiknya redupkan juga lampu dasbor dan indikator, khususnya jika mobil Anda memiliki fitur dimmer switch.  Ini membantu menghindari cahaya yang mengganggu di dalam kendaraan dan menyesuaikan kondisi penglihatan.

    • Jaga Kecepatan dan Jarak Berhenti

    Ketika berkendara dalam kondisi gelap, sangat penting untuk menjaga kecepatan yang wajar dan jarak berhenti. Karena visibilitas terbatas, kemampuan mata Anda untuk mengenali objek, mengukur jarak, dan mengidentifikasi warna bisa terganggu.